UX Design Process - Design thinking (Emphatize)

  

UX Design Process

Design thinking (Emphatize)

  1. Pengertian

Merupakan tahap yang paling pertama dari proses design thinking, yang bertujuan untuk memahami kebutuhan dan masalah pengguna yang akan diatasi melalui produk yang akand ikembangkan, tahapan ini dilakukan riset dalam rangka mengembangkan pengetahuan mengenai apa yang user lakukan katakan pikirkan dan rasakan, pada tahapan ini kita berbicara berbagai pengguna yang sebenarnya. Kita dapat mengamati secara langsung apa yang akan mereka lakukan bagaimana mereka berpikir dan apa yang ingin mereka pikirkan. Yang mana tujuannya adalah untuk mengumpulkan pengamatan yang cukup sehingga kita dapat mulai berempati dengan pengguna dan perspektif mereka.

  1. Metode mengumpulkan informasi

  1. In Depth interview

Yang dimaksud dengan wawancara mendalam adalah proses memperoleh informasi untuk tujuan penelitian melalui kontak tanya jawab antara pewawancara dengan orang yang akan diwawancarai, dengan atau tanpa menggunakan pedoman wawancara, di mana pewawancara dan informan terlibat dalam kehidupan sosial. 


  1. Focus group discussion

FGD Ini adalah wawancara semi-terstruktur tentang topik tertentu, yang dilakukan oleh fasilitator yang berpengalaman. Jenis diskusi ini termasuk dalam penelitian kualitatif dalam ilmu-ilmu sosial dengan pengaturan sebelumnya atau dengan produk yang akan dikembangkan.


  1. Survey

Survei merupakan penelitian kuantitatif dengan pertanyaan terstruktur yang sama untuk semua orang, kemudian semua tanggapan peneliti dikumpulkan, diolah dan dianalisis. Jajak pendapat juga merupakan metode pengumpulan data populasi di berbagai peristiwa demografis atau ekonomi dengan tidak menghitung semua responden di suatu negara

  1. Persona

  1. Pengertian

Deskripsi orang fiktif yang memiliki serangkaian sifat dan persyaratan yang ingin anda rancang kedepannya

  1. Tujuan

Agar dapat mendorong developer memikirkan pengguna sistem yang dituju, dan juga dapat berfungsi sebagai alat agar membantu membuat perangkat lunak dan melakukan desain produk aplikasi

  1. Perspektif persona

  • Goal Directed persona > untuk  dapat memperiksa alur kerja yang akan digunakan oleh user untuk mencapai tujuan

  • Role based personas > berfokus pada peran pengguna di dalam organisasinya

  • Engaging persona > menggabungkan tujuan directed persona dengan peran yang yang berbasis persona sehingga desainer dapat terhubung dengan pengguna

  • Fictional persona > didapatkan dari pengalaman yang berasal dari tim desain UX

  1. Area identifikasi persona

  • Geographical

Dapat dilihat berdasarkan: continent county, country region, city, density, climate, population, subway station, city area

  • Demographic

Yang berarti siapa pengguna yang mengakses website, dapat dilihat berdasarkan: usia, jenis kelamin, family size, pekerjaan, pendapatan latar belakang pendidikan, agama, ras, nationalitas, teknologi yang digunakan

  • Psychographic

Data yang berarti mengapa pengguna tertarik untuk mengakses website informasi informasi terkait dengan data psikografis termasuk kebiasaan pengguna, seperti gaya hidup, kelas sosial, AIO, harga diri, sikap

  • Behavioral

Adapun dapat dilihat berdasarkan, occasions, degree of loyalty, benefits sought, usage, buyer readiness, user status

  1. Life cycle persona

Terdapat beberapa fase yang diantaranya

  • Family planning

  • Conception dan gestation

  • Birth dan maturation

  • Adulthood

  • Lifetime achievement dan retirement

  1. Manfaat

membantu tim agar dapat menemukan jawaban atas pertanyaan terpenting mereka, yaitu untuk siapa desain suatu produk ditujukan.

  1. Langkah membuat persona

  • Melakukan survey untuk mendapatkan wawasan pengguna

  • Wawancara kepada pengguna untuk memahami psikografisnya

  • Backup dengan data analisis

  • Membuat persona pengguna

  1. Membuat Empathy map

  1. Pengertian

Adalah teknik yang digunakan untuk menggambarkan perilaku dari target pengguna yang dibagi menjadi says, thinks, feels dan does. Yang juga merupakan sebuah metode yang digunakan untuk membantu merancang model bisnis

  1. Langkah dalam membuat empathy map

  • Tentukan ruang lingkup dan tujuan

  • Kumpulkan bahan pengkajian

  • Lakukan penelitian

  • Buat sticky notes secara individual untuk setiap kuadran untuk memetakan hasil risetnya


REFERENSI

Komentar